The Bagong Adventure, Museum Tubuh Terbesar dan Terlengkap se-Asia Resmi Dibuka Oleh Mendikbud - Jawa Timur Park Group

26 Desember 2016
Comments: 0
26 Desember 2016, Comments: 0

JawaTimurPark.com – Setelah dibuka untuk umum selama kurang lebih dua tahun, pada hari Sabtu (24/12) sore, museum tubuh yang bernama The Bagong Adventure diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhajir Effendy MAP. Mahakarya dari Jawa Timur Park Group yang menjadi satu-satunya museum tubuh di Indonesia, dan menjadi yang terbesar dan terlengkap di Asia itu resmi menjadi salah satu tempat wisata berkonsep edukasi, melengkapi beberapa taman wisata di Kota Batu.

peresmian-museum-tubuh-mendikbud-01

Museum Tubuh merupakan salah satu sumbangsih Jawa Timur Park Group untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan biologi dan kedokteran. Peningkatan mutu pendidikan yang disertai peningkatan kesehatan adalah tujuan utama dibangunnya Museum Tubuh.

Dengan luas area 1.4 Ha dan terbagi menjadi 6 lantai, Museum Tubuh menyajikan pengalaman yang menyenangkan untuk belajar anatomi tubuh manusia. Dilengkapi dengan fasilitas lift, eskalator, dan pemeriksaan kesehatan gratis.  The Bagong Adventure Museum Tubuh terbagi menjadi 16 zona dimulai dari zona gigi, telinga, hidung, hingga zona tulang sendi dilengkapi dengan fasilitas mulltimedia yang modern guna mendukung zona didalamnya.

Salah satu koleksi yang paling dibanggakan oleh Museum Tubuh adalah adanya spesimen manusia asli yang diawetkan dengan tehnik plastinasi yang dikembangkan oleh Prof. Gunther Von Hagen. Tubuh manusia plastinasi ini ditampilkan di ruang khusus yaitu ruang eksibisi. Koleksi ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

peresmian-museum-tubuh-mendikbud-03

peresmian-museum-tubuh-mendikbud-05

Bertempat di lobi utama museum dengan ikon tokoh pewayangan Indonesia, Bagong, acara peresmian berlangsung lancar. Hadir pula pada kesempatan sore itu, Walikota Batu, H. Eddy Rumpoko, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Dra. Mistin M. Pd, Kepala Dinas Kota Malang, Dra. Zubaidah MM, Kepala Dandim, Ketua DPRD, jajaran direksi Jawa Timur Park Group, guru-guru dan kepala sekolah se-Kota Batu, dan beberapa undangan lainnya, termasuk awak media dari berbagi media massa.

Dalam sambutannya, Muhajir mengatakan bahwa peran musuem tubuh sangat membantu dalam pertumbuhan kualitas dan perkembangan pendidikan di Indonesia. “ Saya melihat museum tubuh ini keberadaanya sangat menguntungkan bagi dunia pendidikan di Batu dan Malang Raya khususnya. Karena saat ini pembelajaran sudah tidak melulu di dalam kelas, melainkan lebih banyak di luar kelas. Ini sangat cocok dan mendukung sekali bagi para guru dan peserta didik lainya,” ujar menteri yang juga mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

peresmian-museum-tubuh-mendikbud-07

Dari pihak museum tubuh diwakili oleh Rinekso, Komisaris Jawa Timur Park Group dan Dosen Istimewa Museum Tubuh The Bagong Adventure. Rinekso menjelaskan bahwa Jawa Timur park Group tetap dalam komitmennya, yaitu mengembagkan pariwisata di Jawa Timur dengan konsep taman wisata dan taman belajar. “ Ini menjadi komitmen awal kami dalam mengembangkan dunia pariwisata. Selain kita tujukan untuk para wisatawan, tempat-tempat wisata kami juga sebagai taman edukasi bagi anak didik. Kami berharap keberadaan museum tubuh yang memiliki koleksi cadaver atau awetan mayat ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oloeh siswa-siswa sekolah dan guru-guru,” jelasnya dalam sambutan acara.

peresmian-museum-tubuh-mendikbud-06

Turut memberikan sambutan dalam acara peresmian museum yang berlokasi jadi satu dengan area Jawa Timur Park 1 ini, walikota Batu, H. Eddy Rumpoko. Dia mengapresiasi visi dan misi manajemen museum tubuh dalam mewujudkan perkembangan dunia pendidikan khususnya di Kota Batu. “ Saya berterima kasih kepada Jawa Timur Park Group dan Museum Tubuh yang telah melengkapi kota wisata ini dengan taman edukasi terbesar dan terlengkap se-Asia. Semoga bisa dimanfaatkan oleh warga kota Batu khususnya dan daerah-daerah yang lain,” ujar pria yang menjabat selama dua periode di kota dingin ini.

peresmian-museum-tubuh-mendikbud-04

Usai mengikuti rangkaian sambutan, Muhajir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kemudian memotong tali pita, dan membubuhkan tanda tangan di atas prasasti yang terbuat dari batu marmer, sebagai simbol telah dibukanya museum yang menyimpan lima koleksi awetan mayat manusia tersebut.

Sebelum meninggalkan lokasi, rombongan diajak menyusuri 16 zona yang tersebar di museum tubuh. Tidak mau melewatkan kesempatan unik di sela-sela rute perjalanan menyusuri zona-zona museum tubuh, Muhajir yang pada sore itu membawa serta putra pertamanya mencoba salah satu edukasi test otak dan motorik di zona otak. Pria yang mengenakan baju batik biru tersebut diminta untuk menggabungkan kedua tangan dengan cara mengepalkan dua tangannya menjadi satu, dan hasilnya, menteri yang sempat meramaikan media-media nasional akibat gagasan isu fullday school tersebut merupakan sosok yang menggunakan kerja otak kiri. Karakter yang dihimpun dari hasil survei dengan akurasi 90% tersebut merupakan sosok yang berdedikasi tinggi, dingin, dan perfeksionis. Namun juga memiliki sisi negatif, yaitu egois. “ Wah saya ini memang perfeksionis,” selorohnya disambut dengan tawa para tamu undangan yang menyertainya. “ Tapi juga ada egoisnya pak, menteri,” sambung Eddy Rumpoko, Muhajir pun tertawa.(AiR)

1072 Total Dilihat 2 Dilihat Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.